Jangan makan telur setiap hari

Saya sering mendapat saran dari teman ataupun mendengan teman saya memberi saran ke orang lain supaya anaknya tidak mengkonsumsi telur setiap hari. Alasan yang diberikan adalah kalau anak makan telur setiap hari maka kadar kolesterol dalam darah anak akan meningkat secara drastis dan akan menimbulkan gangguan/penyakit serius.

Ditinjau dari alasan yang diberikan, pandangan ini tidak tepat karena untuk pertumbuhan otak anak diperlukan lemak ditambah lagi pola makan mayoritas anak di Indonesia masih kurang bagus karena mereka jarang minum susu sementara makan dagingpun masih jarang. Apabila telurpun dijauhi maka ada kemungkinan anak akan kekurangan gizi yang bakal menjadi masalah untuk generasi penerus.

Hal ini berbeda dengan kondisi anak di negara maju dimana dalam menu sehari-hari mereka sering mengkonsumsi steak, keju ataupun daging olahan lainnya ditambah lagi mereka minum susu secara teratur sehingga tak heran jika ada yang membatasi konsumsi telur hanya 4 butir telur dalam seminggu.

Yang penting diingat adalah masa kanak-kanak merupakan masa pertumbuhan. Agar mereka dapat bertumbuh secara optimal baik fisik maupun otaknya, perlu diperhatikan kecukupan asupan nutrisinya, karena kalau asupan gizinya kurang baik bukan tidak mungkin kecerdasannya tak berkembang dengan baik.

Masalah kolesterol  umumnya justru banyak muncul kala seseorang berumur 30 tahun ke atas dan bukan di usia anak-anak. Mereka inilah yang harus membatasi asupan makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Kalau tidak mereka akan terancam oleh gangguan jantung dan sejenisnya yang amat jarang dialami anak-anak. Kalaupun ada, biasanya bukan karena hobi makan telur melainkan karena faktor genetic.

Advertisements
Explore posts in the same categories: Makanan, Mitos

Tags:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: