Istilah “Batak”

Kita tidak mungkin menulis mengenai “Batak” apabila tidak memberikan apa yang dimaksud dengan istilah tersebut. Pada dasarnya istilah Batak sebenarnya sudah jarang dipakai bila merujuk pada kelompok etnis Batak selain Toba, yaitu Karo, Pakpak-Dairi, Simalungun serta Angkola-Mandailing.

 

Keempat etnis tersebut sekarang jarang menyandang predikat Batak, namun di zaman prakolonial, dan juga di awal penjajahan Belanda, mereka lazim menyebut  diri sebagai Batak (Mandailing sudah mulai dijajah pada tahun 1835, tetapi kebanyakan daerah Batak baru menjadi wilayah pemerintahan kolonial pada tahun 1904 atau 1907). Salah satu alasan kenapa predikat Batak kini jarang dipakai oleh keempat etnis selain Toba berkaitan dengan kenyataan bahwa orang Toba cenderung menyebut diri sebagai Batak dan bukan sebagai Toba. Dengan demikian maka Batak sering dianggap sinonim dengan “Toba”.

 

Jadi mengapa orang Batak Toba lebih suka menggunakan predikat Batak ketim-bang Toba ? Sebabnya ialah karena “Toba” sebenarnya nama daerah dan bukan nama suku bangsa. Pada intinya Toba merujuk pada dua daerah saja, yaitu Toba Humbang dan Toba Holbung, sementara Habinsaran, Samosir, Silalahi, Silindung, Uluan, dan beberapa daerah kecil lainnya sebenarnya tidak termasuk daerah Toba. Akan tetapi karena kesamaan dari segi bahasa dan budaya penduduk daerah-daerah itu lazim disebut etnis Toba, terutama oleh orang luar (orang Karo misalnya menyebutnya Kalak Teba ‘orang Toba’), dan kemudian juga oleh para ahli bahasa dan antropoloi.

Advertisements
Explore posts in the same categories: Artikel

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: